Meningkatkan Kompetensi Pengarsipan Perangkat Desa Melalui E-Modul untuk Optimalisasi Pelayanan Masyarakat

Authors

  • Afifah Dwi Nur Illahi Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Djono Djono Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Sri Sumaryati Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3352

Abstract

Era digitalisasi telah merevolusi berbagai aspek, termasuk perangkat desa untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi digitalnya. Tanpa kompetensi digital, pengarsipan sebagai bagian pengelolaan administrasi dapat berpengaruh pada tingkat kepuasan pelayanan masyarakat desa. Tujuan utama penelitian adalah mengevaluasi apakah pelatihan tersebut berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Metode penelitian ini meliputi pelatihan pengarsipan data dengan menggunakan e-modul, dan mengukur kualitas pelayanan masyarakat sebelum dan sesudah pelatihan. Sampel penelitian meliputi perangkat desa yang mengikuti pelatihan dan masyarakat yang menerima pelayanan. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner survei, dengan analisis data melalui perbandingan skor kepuasan sebelum dan sesudah pelatihan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan tingkat kepuasan masyarakat sebesar 9,8, menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kompetensi pengarsipan perangkat desa, yang berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris terhadap pemahaman bagaimana digitalisasi arsip dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa.

Published

2024-02-01

How to Cite

Illahi, A. D. N., Djono, D., & Sumaryati, S. (2024). Meningkatkan Kompetensi Pengarsipan Perangkat Desa Melalui E-Modul untuk Optimalisasi Pelayanan Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1280-1286. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3352