Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Jenjang Pendidikan Tinggi

Authors

  • L.Virginayoga Hignasari Universitas Mahendradatta, Jalan Ken Arok No. 10-12, Denpasar
  • Gede Ngurah Oka Diputra IKIP Saraswati, Jalan Pahlawan No.2, Tabanan

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.337

Keywords:

Evaluasi pembelajaran, HOTS, Pemecahan Masalah Matematis, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan  ADDIE, Penelitian ini dilakukan di Universitas Mahendradatta dengan subjek penelitian adalah mahasiswa prodi Teknik Industri semester I tahun akademik 2020/2021 sebanyak 30 mahasiswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis HOTS yang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, Penelitian ini didasari pada permasalahan pembelajaran yang lebih banyak menekankan pada kemampuan mengitung dan mengaplikasikan rumus, Instrument yang dikembangkan dilakukan uji validasi oleh ahli dan menunjukkan bahwa instrument valid untuk di uji cobakan. Berdasarkan hasil uji coba dapat dilihat bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah siswa rata-rata yaitu 72,7 yang termasuk dalam kategori tinngi. Sebanyak 53% mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan HOTS dengan mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini menunjukkan bahwa 17 dari 30 orang mahasiswa mampu memaksimalkan kemampuan pemecahan masalahnya dengan menyelesaikan persoalan berbasis HOTS. Respon mahasiswa terhadap impelemntasi permasalahan berbasis HOTS juga termasuk dalam kategori positif. Implementasi instrumen permasalahan berbasis HOTS dinilai mampu untuk meningkatkan beberapa kemampuan kognitif salah satunya yaitu  kemampuan pemecahan masalah matematis.

Published

2021-11-28

How to Cite

Hignasari, L., & Diputra, G. N. O. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Jenjang Pendidikan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 715-724. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.337