Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif pada Keterampilan Membaca di Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Vini Wela Septiana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
  • Sekar Harum Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
  • Ismail Syakban Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
  • Muchlis Muchlis Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan, Bima, Indonesia
  • Sinny Putri Salju Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3389

Abstract

Media yang digunakan kurang menarik. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran power point interaktif pada keterampilan membaca dikelas III SD. Jenis penelitian adalah pengembangan (Reseach and Development) Penelitian ini menggunakan model ADDIE.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat ke layakan media pembelajaran power point interaktif pada keterampilan membaca di kelas III SD Muhammadiyah XI Abdul Muis Kota Padang. Model yang digunakan model ADDIE, terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran power point interaktif memenuhi kriteria valid dengan nilai 90% dengan kategori sangat valid, untuk dengan penilain praktis 97% dengan kategori sangat praktis dan hasil nilai efektifitas 90% dengan kategori sangat banyak. Jadi media pembelajaran power point interaktif ini mencapai valid, praktis dan efektif.

Published

2024-02-09

How to Cite

Septiana, V. W. ., Pratiwi, S. H. ., Syakban, I. ., Muchlis, M., & Salju, S. P. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif pada Keterampilan Membaca di Kelas III Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1333-1338. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3389