Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru melalui Sitem Zonasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui sistem zonasi di SMPN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Jenis penilitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Informan dalan penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, pelaksana kesiswaan, pelaksana humas, operator PPDB, dan orang tua peserta didik. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan implementasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) khususnya melalui jalur zonasi di SMPN 1 Cicalengka sudah berjalan baik sesuai dengan ketentuan yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 dan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Nomor: 421.2/1571. Meskipun pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang masih harus dibenahi oleh SMPN 1 Cicalengka dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB), sehingga mampu memberikan rasa puas bagi semua pihak khususnya orang tua calon peserta didik dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB).