Peran Guru dalam Membangun Karakter dan Moral Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Aulia Nur Hakim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Dinie Anggraeni Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Yayang Furi Furnamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.341

Abstract

Lunturnya moral generasi bangsa Indonesia saat ini mengancam hilangnya jati diri bangsa Indonesia yang berpengang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa akan dilatih untuk berpikir  kritis, bertanggung jawab, berjiwa nasionalis serta berperilaku demokratis yang dapat membangun karakter serta moral siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter dan moral siswa serta bagaimana peran guru dalam membangun karakter dan moral siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yaitu dengan menyajikan data berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Pendidikan Kewarganegaraan dapat membantu mengembangkan karakter dan moral siswa melalui penanaman nilai-nilai postitif yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Guru juga memiliki kewajiban untuk mendidik siswa, melatih diri siswa serta memotivasi anak didiknya agar dapat menjadi manusia yang bermoral dan bermartabat. Dengan begitu, generasi bangsa indonesia yang bermoral dan berkarakter akan tetap melekat pada jiwa bangsa Indonesia.

Published

2021-12-03

How to Cite

Hakim, A. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Membangun Karakter dan Moral Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 748-752. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.341