Stimulasi Kemampuan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Program Rencana Kegiatan Harian Bermain Buku Edukatif Papan Peraga Berseri

Authors

  • Ajat Ajat Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lailatuz Zakiyah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Subur Sutrismi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Luluk Sugirasih Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Fahmarisa Herbanin Radie Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3428

Abstract

Stimulasi kemampuan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui program rencana kegiatan harian yang di susun oleh guru dengan melakukan kegiatan bermain buku edukatif papan peraga berseri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan manfaat stimulasi permainan edukatif secara berkesinambungan melalui pembiasaan kegiatan bermain dapat dimasukan guru ke dalam program rencana pembelajaran harian anak. Penelitian memakai metode kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus di lembaga Bimbingan Belajar Fahma Orbiter Bekasi Utara Jawa Barat. Teknik penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data deskriptif menyeluruh. Keabsahan data berdasarkan penyajian data pengamatan yang terjadi pada aktivitas anak dalam program perencanaan pembelajaran berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukan adanya perkembangan pengetahuan kecerdasan visual spasial dalam kemampuan anak mengenali bentuk dan kecermatan mengamati dimensi bidang geometri sederhana setelah melakukan kegiatan permainan buku edukatif papan peraga berseri.

Published

2024-02-01

How to Cite

Ajat, A., Zakiyah, L. ., Sutrismi, S. ., Sugirasih, L. ., & Radie, F. H. . (2024). Stimulasi Kemampuan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Program Rencana Kegiatan Harian Bermain Buku Edukatif Papan Peraga Berseri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1360-1366. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3428