Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetauhan Sosial Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Yuda Sakti Susena Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Hari Sugiharto Setyaedhi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak teknologi Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Baron, dengan fokus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan materi mengenal negara-negara ASEAN selama tahun akademik 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas B sebagai kelas kontrol di SMPN 1 Baron, dengan menggunakan pertanyaan tes pilihan ganda sebagai instrumen penelitian. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan Uji Sampel Berpasangan, menunjukkan nilai Sig (Asymp. Sig 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari nilai kritis 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan media Augmented Reality (AR) dengan bantuan aplikasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Baron, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, terutama dalam memahami materi mengenal negara-negara ASEAN pada tahun ajaran 2023/2024.

Published

2024-01-02

How to Cite

Susena, Y. S. ., Rusijono, R., & Setyaedhi, H. S. . (2024). Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetauhan Sosial Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 343-347. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3431