Penerapan Nilai Persatuan dan Keberagaman Siswa dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika: Studi Kasus di SMPN 16 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3432Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan nilai persatuan dan keberagaman siswa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Studi kasus di SMPN 16 Mataram. Pendekatan yang digunakan melalui kajian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui informan yaitu guru PPKn, guru BK dan siswa/i SMPN 16 Mataram, sumber buku jurnal relevan yang telah ada sebelumnya artikel dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan observasi, wawancara dan kuesioner membandingkan dengan data pada jurnal serupa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles Huberman dan Saldana dengan tiga teknik yaitu redukasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai persatuan dan keberagaman siswa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika di SMPN 16 Mataram sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya toleransi antar perbedaan latar belakang yang dimiliki oleh siswa/i. Namun, masih ada sebagian siswa yang belum menerapkan nilai persatuan dan keberagaman toleransi antar perbedaan belakang yang dimiliki oleh siswa/i, karena sebagian siswa/i suka membuat lelucon dari perbedaan yang ada hingga menimbulkan konflik mengenai perbedaan dengan alasan dalam konteks candaan.