Pengembangan Model Pengawasan Praktek Laut (Prala) Bagi Taruna Sekolah Pelayaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3438Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendesain program Pendidikan dan pelatihan di Sekolah Pelayaran untuk meningkatkan kompetensi Taruna. Identifikasi dilakukan untuk menganalisis kelemahan pada pelaksanaan proses dan mendesain alternatif solusi untuk mengoptimalkan kompetensi Taruna selama mengikuti praktek laut (Prala) di kapal. Penelitian ini mempunyai kontribusi penting, karena masih terbatasnya penelitian yang telah menganalisis diklat pada bidang pelayaran. Identifikasi dan desain model yang ideal untuk Taruna selama mengikuti diklat Pelayaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi taruna. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dengan melibatkan 112 taruna yang sedang mengikuti praktek laut. Data diperoleh dengan mempergunakan kuesioner yang diisi oleh taruna pelayaran kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada model faktual, hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi kelemahan mencakup pengawasan yang masih dilakukan secara manual dan belum memanfaatkan teknologi pendidikan. Berdasarkan model faktual, desain pengembangan yang dilakukan adalah dengan membuat alat atau aplikasi yang mampu melakukan pemantauan untuk memastikan bahwa kompetensi Taruna dapat tercapai selama mengikuti praktek laut. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pembuatan kebijakan dan pengembangan alat yang dapat membantu meningkatkan kompetensi Taruna dalam bidang pelayaran.