Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Keberhasilan Menejemen Berbasis Sekolah

Authors

  • Hermanto Hermanto Universitas Jambi, Indonesia
  • Mohamad Muspawi Universitas Jambi, Indonesia
  • K.A. Rahman Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3450

Abstract

Sekolah dan komite memiliki peran yang sangat penting dan akurat dalam komponen pendidikan yang ada di sekolah yang menerapkan manajemen berbasis sekolah. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komite sekolah terhadap Keberhasilan penerapan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan data kuantitatif yang di analisis menggunakan teknik analisis statistik regresi dengan melakukan uji normalitas dan uji reliabilitas diperoleh nilai < 0.05 yang mana artinya terdapat pengaruh dari kepala sekolah dan komite sekolah dalam keberhasilan manajemen berbasis sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah dan komite sekolah dimana koefisien jalur p sebesar 0,649 > 0,05; sedangkan dalam melihat hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan komite terhadap Keberhasilan penerapan  Manajemen Berbasis Sekolah diperoleh koefisien korelasi r sebesar 0,849 dan untuk nilai t diperoleh thitung > ttabel atau 17,83 > 1,89; 2,46; baik taraf nyata a = 0,05 maupun a = 0,01; yang dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara X dengan Y adalah sangat signifikan.

Published

2024-02-01

How to Cite

Hermanto, H., Muspawi, M. ., & Rahman, K. . (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Keberhasilan Menejemen Berbasis Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1442-1446. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3450