Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Susanto Susanto Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Endang Tri Siti Eliyanti Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilaksanakan pada tiga sekolah dasar di bawah naungan Yayasan Pendidikan Gembala Baik, yaitu SD Gembala Baik I, SD Gembala Baik II dan SD Plus Gembala Baik. Dalam implementasi kurikulum merdeka, salah satu terobosan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan adalah digalakkannya kegiatan P5 di masing-masing sekolah. Kegiatan P5 diharapkan mampu menciptakan peserta didik yang berkarakter sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila yang telah diluncurkan. Implementasi kegiatan P5 tentunya bervariasi di masing-masing sekolah karena disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing sekolah dan kendala yang dihadapi juga berbeda-beda. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif guna memaparkan secara jelas hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata. Penelitian dilakukan dengan melakukan survey melalui angket online dan ditujukan kepada kepala sekolah dan guru penggerak yang ada di sekolah sampel. Kegiatan P5 yang dilakukan di tiga sekolah tersebut mengangkat tema yang sama yakni kearifan lokal dengan bentuk aksi nyata yang serupa juga berupa kegiatan pengenalan dan pembuatan makanan tradisional daerah setempat.

Published

2024-02-01

How to Cite

Susanto, S., Eliyanti, E. T. S. ., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405-1409. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3453