Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Peta terhadap Hasil Belajar Materi Keragaman Hayati Kelas XI
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3467Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya pengajaran Teams Games Toutnament (TGT) mempengaruhi cara siswa kelas sebelas Geografi MAN 6 Jakarta belajar tentang keanekaragaman hayati. Sebanyak tujuh puluh siswa kelas sebelas MAN 6 kelas Geografi Jakarta mengikuti penelitian ini. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah Kelas XI Geografi 3, sedangkan kelompok kontrol adalah Kelas XI Geografi 1. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode yang lebih tradisional. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan desain eksperimen semu. Kelas XI Geografi 2 berperan sebagai kelompok kontrol dan Kelas XI Geografi 3 berperan sebagai kelompok eksperimen dalam penelitian ini, yang menggunakan sampel acak untuk memilih partisipan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pedagogi Teams Games Tournament (TGT) mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa terkait dengan konten keanekaragaman hayati. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,80, sedangkan siswa yang diajar dengan metode konvensional pada mata pelajaran Geografi Kelas 1 MAN 6 Jakarta memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,11 pada materi yang sama. Temuan ini semakin didukung dengan hasil uji t tingkat signifikansi 6,925 (2-tailed) sebesar 0,000. Dapat kita simpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) karena 0,000 < 0,05.