Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranjikulon
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.347Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen mutu dalam peningkatan profesionalisme guru di MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranji Kulon Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu dalam peningkatan profesionalisme guru sudah berjalan baik. Kepala Sekolah berhasil merencanakan dan mengawal pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru melalui: 1) Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan dengan peraturan yang berlaku, program sertifikasi bagi guru, 3) Program pelatihan Keterampilan dan kompetensi, dan 4) Program supervisi pendi-dikan. Dalam pengelolaan lembaga pendidikan tentu ada masalah dan kendala yang dihadapi, tetapi itu bisa segera teratasi dan diselesaikan melalui komunikasi yang harmonis antara Kepala Sekolah dengan para guru MTs Pesantren Asasul Huda melalui forum rapat perencanaan awal tahun ajaran baru atau secara periodik dalam rapat evaluasi bulanan.