Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranjikulon

Authors

  • Muaz Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muhibbin Syah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muhammad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.347

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen mutu dalam peningkatan profesionalisme guru di MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranji Kulon Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu dalam peningkatan profesionalisme guru sudah berjalan baik. Kepala  Sekolah berhasil  merencanakan  dan mengawal pelaksanaan pengembangan  profesionalisme guru melalui: 1) Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan dengan peraturan yang berlaku, program sertifikasi bagi guru,  3) Program  pelatihan  Keterampilan dan   kompetensi,   dan  4) Program   supervisi   pendi-dikan.  Dalam pengelolaan lembaga pendidikan tentu ada masalah dan kendala   yang dihadapi, tetapi itu bisa segera teratasi dan diselesaikan melalui komunikasi yang harmonis antara Kepala Sekolah dengan para guru MTs Pesantren Asasul Huda melalui forum rapat perencanaan awal tahun ajaran baru atau secara periodik dalam rapat evaluasi bulanan.

Published

2021-12-08

How to Cite

Muaz, Syah, M., & Erihadiana, M. . (2021). Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranjikulon. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 834-841. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.347