Strategi Peningkatan Keterampilan Membaca dan Asesmen pada Pendidikan Dasar

Authors

  • Syafruddin Syafruddin STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ida Bagus Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3475

Abstract

Keterampilan membaca yang kuat adalah landasan bagi kesuksesan dalam berbagai mata pelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yang memiliki keterampilan membaca yang baik cenderung memiliki hasil tes yang lebih tinggi dan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam studi mereka. Asesmen yang tepat adalah alat penting dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar individu siswa. Dengan menggunakan asesmen yang akurat, guru dapat mengidentifikasi masalah membaca dan merancang intervensi yang sesuai. Metode Penelitian yang digunakan penulis merupakan penelitian studi literatur dengan menelaah beberapa jurnal dan buku. Studi pustaka atau literatur adalah proses penelitian yang melibatkan pencarian, analisis, dan sintesis sumber-sumber tertulis yang relevan dengan topik penelitian atau kajian tertentu. Tujuannya adalah untuk memahami dan menyebarkan penelitian-penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh orang lain dalam bidang yang sama atau terkait, serta untuk mengindentifikasi perkembangan, temuan, atau kekosongan dalam pengetahuan saat ini. Adapun strategi Peningkatan Keterampilan Membaca dan Asesmen pada Pendidikan Dasar yaitu; Meningkatkan kemampuan membaca melalui kesadaran fonologis, membangun lingkungan membaca yang mendukung, meningkatkan kemampun membaca permulaan melalui kegiatan bermain kartu huruf.

Published

2024-02-01

How to Cite

Syafruddin, S., Sudiana, N. ., & Bagus, I. . (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Membaca dan Asesmen pada Pendidikan Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1469-1472. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3475