Rusdin (An Analysis On Gender-Based Task In The Textbook Literature Of Senior High School In Curriculum 2013)

An Analysis On Gender-Based Task In The Textbook Literature Of Senior High School In Curriculum 2013

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki (gender-based task) tugas berbasis jender pada buku teks kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) 2013 kelas 10. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi, dalam pengolahan data dari buku teks SMA ini hanya fokus penelitian pada buku teks siswa kelas 10 yang terdiri dari sembilan bab. hasil penelitian ini menujnjukan dari dialog yang diteliti pada bab I menunjukkan bahwa ada dua dialog tanpa campuran laki-laki dan perempuan, kedua dialog tersebut berbeda secara giliran dan jumlah kata banyak digunakan oleh perempuan daripada laki-laki. Untuk bab 4, 5, dan 9 hasilnya seimbang antara (turn taking) giliran dan kata-kata yang digunakan baik laki-laki maupun perempuan. Pada bab 3, 6, dan 7 terdapat ketidak seimbangan posisi (appearance) penampilan gender (gender-based task) dalam tugas berbasis jender. Sedangkan pada Bab 8 tidak ditemukan jenis tugas yang berhubungan dengan gender. Meskipun demikian, (gender-based task) tugas berbasis jender muncul dengan berbagai kegiatan seperti posisi gender dalam melakukan dialog, sebagai pronomina person dia laki-laki dan dia perempuan, firstness, gambar-gambar meliputi pekerjaan gender dan keluarga.

Published

2018-10-14

How to Cite

JIIP, R. (2018). Rusdin (An Analysis On Gender-Based Task In The Textbook Literature Of Senior High School In Curriculum 2013): An Analysis On Gender-Based Task In The Textbook Literature Of Senior High School In Curriculum 2013. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(3), 121-128. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/34