Melampaui Metrik: Menilai Ulang Korelasi Antara Key Performance Indicators (KPI) dan Motivasi Karyawan dalam Setting Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3504Abstract
Penelitian kuantitatif ini mengeksplorasi korelasi antara Key Performance Indicators (KPI) dengan motivasi kerja karyawan dalam setting pendidikan, di Sekolah Cendekia Harapan. Dengan menggunakan Kuesioner Stott dan Walker, data dikumpulkan dari total sampel 33 karyawan sekolah. Analisis korelasi Pearson Product-Moment mengungkapkan tidak adanya korelasi signifikan antara skor KPI dengan motivasi kerja karyawan (r = 0.327, p > 0.05), menyarankan bahwa KPI mungkin bukan pendorong utama hasil motivasional dalam konteks ini. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan multifaset terhadap motivasi karyawan yang melampaui metrik kinerja tradisional. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menyelidiki variabel motivasional tambahan, menilai kritis kerangka kerja KPI dan operasionalisasinya, serta mendirikan forum partisipatif bagi karyawan untuk terlibat dalam dialog konstruktif mengenai penilaian kinerja dan strategi motivasi.