Pengaruh Inovasi Produk, Suasana Toko dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Toko Emas Sahabat Sumbawa)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3567Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh inovasi produk, suasana toko dan kepuasan konsumen terhadap minat beli di Toko Perhiasan Emas Sahabat yang berada di Pasar Seketeng, Kota Sumbawa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Sumber data dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengetahui produk toko Emas Sahabat yang terletak di Pasar Seketeng Kota Sumbawa. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, adapun jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala 4 (Likert). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel inovasi produk, suasana toko dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Toko Emas Sahabat. Berdasarkan pada hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa inovasi produk, suasana toko dan kepuasan konsumen dapat menjadi kunci peningkatan minat konsumen sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan secara berkelanjutan.