Epistemologi Islam Klasik dan Kontemporer

Authors

  • Dodo Suhada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Nanat Fatah Natsir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Erni Haryanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.360

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian epistemologi islam klasik dan kontemporer. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi keilmuan dalam hal ini Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia memiliki konsep Islamic knowledge atau ilmu-ilmu keislaman yang dikembangkan oleh masing-masing pergurun tinggi itu sendiri, dengan kata lain adalah ilmu pengetahuan yang  dibangun ini berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana tertuang dalam sumber ajarannya yang utama, yakni al-Qur’an dan al-Sunnah, dan Ijma’. Kemudian kontekstualisasinya terhadap Perkembangan Pendidikan di Indonesia dalam hal ini Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia yang memiliki integrasi konsep dan tujuan serta ciri khas masing-masing perguruan tinggi, ada keunikan tersendiri, misalnya UIN sunan Gunung Djati Bandung  dengan jargonnya yaitu wahyu memandu ilmu, kemudian UIN Sunan Kalijaga dengan Konsep Jaring Laba-laba yang merupakan metafora simplifikasi konsep paradigma keilmuan Integrasi-Interkoneksi, yang merupakan sebuah pendekatan dalam pembidangan matakuliah yang mencakup tiga dimensi pengembangan ilmu.

Published

2021-12-17

How to Cite

Suhada, D., Fatah Natsir, N. ., & Haryanti, E. . (2021). Epistemologi Islam Klasik dan Kontemporer. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 948-957. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.360