Pengaruh Principal Transformational Leadership terhadap Teacher Professional Learning dengan Mediasi Teacher Efficacy, Teacher Trust dan Teacher Collaboration

Authors

  • Floriberta Endar Artika Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Ardi Ardi Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel principal transformational leadership, teacher efficacy, teacher trust, teacher collaboration, dan teacher professional learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru di SD XYZ Jakarta yang berjumlah 111 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik SEM PLS dengan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher professional learning; (2) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher efficacy; (3) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher trust; (4) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher collaboration; (5) teacher efficacy berpengaruh positif terhadap teacher professional learning; (6) teacher trust berpengaruh positif terhadap teacher professional learning; (7) teacher collaboration berpengaruh positif terhadap teacher professional learning; (8) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher professional learning dengan di mediasi teacher efficacy; (9) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher professional learning dengan dimediasi teacher trust; (10) principal transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher professional learning dengan di mediasi teacher collaboration.

Published

2024-04-01

How to Cite

Artika, F. E. ., & Ardi, A. . (2024). Pengaruh Principal Transformational Leadership terhadap Teacher Professional Learning dengan Mediasi Teacher Efficacy, Teacher Trust dan Teacher Collaboration. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3448-3455. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3609