Penerapan Pendekatan Berbasis Genre (PBG) dalam Menulis Teks Diskusi untuk Siswa SMA

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3623

Abstract

Kurikulum Merdeka dalam SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022 menyatakan bahwa keterampilan menulis tetap menjadi salah satu tujuan pembelajaran siswa SMA. Siswa harus mencapai kemampuan yang ditargetkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dan mampu membuat teks dengan struktur organisasi yang jelas dan detail. Salah satu jenis teks dalam pencapaian adalah teks diskusi yang berfungsi untuk menyajikan perspektif berbeda tentang topik tertentu. Dalam pembelajaran berbasis genre, peran guru sangat penting untuk membantu siswa membuat teks dengan tingkat keberhasilan tinggi. Sebagai fasilitator, guru harus menjelaskan kepada siswa tentang jenis, tujuan, struktur dan ciri kebahasaan sebuah teks agar mereka dapat menerapkannya dalam konteks teks yang akan mereka tulis. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan teori terkait secara keseluruhan dan memberikan contoh bagaimana pendekatan berbasis genre (PBG) digunakan untuk mengajarkan siswa sekolah menengah menulis teks ulasan. Terdapat empat tahapan dalam pelaksanaan PBG, yakni BKoF (Building Knowledge of Field), MoT (Modeling of the Text), JCoT (Joint Construction of the Text) dan, ICoT (Independence Construction of the Text).

Published

2024-01-01

How to Cite

Penerapan Pendekatan Berbasis Genre (PBG) dalam Menulis Teks Diskusi untuk Siswa SMA. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 139-145. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3623