Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi

Authors

  • Muhammad Aji Suprayitno Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Agoes Moh. Moefad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3658

Abstract

Penelitian ini menyelidiki peran pendidikan Islam terintegrasi dalam membentuk karakter dan keterampilan sosial generasi muda Muslim di tengah tantangan era globalisasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini mendalam memeriksa bagaimana institusi pendidikan Islam beradaptasi dan menanggapi tantangan globalisasi. Fokusnya adalah pada implementasi metode pembelajaran yang berakar pada nilai-nilai Islam seperti kejujuran, disiplin, empati, dan toleransi, yang memberikan landasan kokoh bagi perkembangan karakter yang baik. Selain itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum modern memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial esensial seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan. Penelitian ini mengungkap bagaimana penggabungan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan keterampilan sosial mampu membantu siswa membangun identitas keislaman yang kuat dan relevan dengan konteks sosial saat ini. Analisis menunjukkan bahwa pendidikan semacam ini tidak hanya memperkuat aspek keagamaan, tetapi juga membekali siswa dengan kemampuan untuk berinteraksi secara efektif dan empatik dalam masyarakat yang plural dan terus berubah. Hasil penelitian ini menawarkan wawasan penting tentang potensi pendidikan Islam terintegrasi dalam mengembangkan generasi muda yang berakhlak, berpengetahuan, dan siap menghadapi tantangan global.

Published

2024-02-04

How to Cite

Suprayitno, M. A. ., & Moefad, A. M. . (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1763-1770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3658