Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif

Authors

  • Sony Sumarsono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Indar Sabri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Welly Suryandoko Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3712

Abstract

Pembelajaran seni budaya merupakan bagian penting dari pendidikan yang membantu siswa memahami dan menghargai beragam ekspresi kreatif dari berbagai budaya di seluruh dunia. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni budaya, artikel ini mendokumentasikan penelitian yang menginvestigasi pemanfaatan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran. Melalui penggunaan multimedia interaktif, siswa dihadapkan pada pengalaman belajar yang lebih dinamis, melibatkan sensorik yang beragam, dan memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran seni budaya mampu meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan. Multimedia interaktif mem-berikan platform untuk eksplorasi visual, audio, dan interaksi dengan materi pelajaran, menginspirasi siswa untuk menciptakan ekspresi seni mereka sendiri. Selain itu, metode ini juga meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya yang sedang dipelajari, karena multimedia mampu menggambarkan nuansa dan konteks budaya dengan cara yang lebih mendalam dan memikat. artikel ini menyoroti bahwa pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran seni budaya merupakan langkah progresif menuju pembelajaran yang lebih berdaya cipta dan berorientasi pada siswa. Hasil penelitian ini memberikan pandangan positif terhadap upaya memperkaya pengalaman belajar siswa dalam seni budaya, dan juga memberikan dasar untuk terus mengintegrasikan teknologi multimedia dalam pendidikan seni budaya di masa depan.

Published

2024-02-08

How to Cite

Sumarsono, S., Sabri, I. ., & Suryandoko, W. . (2024). Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2071-2075. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3712