Pendirian Pendidikan Formal Sebagai Strategi Mempertahankan Eksistensi Pondok Pesantren

Authors

  • Iwan Sopwandin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3715

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pendirian pendidikan formal sebagai strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Gunungbubut Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemilihan MTs sebagai lembaga pendidikan formal yang didirikan salah satunya karena kemudahan akses; 2) Penerapan bauran pemasaran di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas: a) Produk MTs Miftahul ulum ialah berupa visi yang mengandung sifat rosul serta ekstrakulikuler bola voli; b) Harga atau biaya pendidikan di MTs Miftahul ulum hanya biaya masuk, infaq satu kali selama sekolah dan infaq jika ada renovasi. c) Lokasi; Secara umum lokasi sudah strategis untuk pembelajaran.; d) Terdapat 7 media yang digunakan dalam kegiatan promosi di MTs Miftahul Ulum e) Secara umum SDM yang terdapat di MTs sudah memadai; f) MTs Miftahul Ulum saat ini memiliki sarana prasarana yang memadai; g) Proses; Kurikulum yang digunakan di MTs Miftahul Ulum adalah kurikulum 2013, untuk pembelajaran setiap harinya dimulai dari jam 07.00 - 14.00, terkecuali hari senin, selasa dan rabu yang hanya sampai jam 12.00 WIB; 3) Hadirnya MTs sebagai salah satu pendidikan formal di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan pondok pesantren terutama dalam jumlah santri.

Published

2024-02-09

How to Cite

Sopwandin, I. (2024). Pendirian Pendidikan Formal Sebagai Strategi Mempertahankan Eksistensi Pondok Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2089-2095. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3715