Implementasi Relationship Marketing Jamaah Tarekat Naqsabandiyah sebagai Jaringan Pemasaran Pendidikan Formal
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3718Abstract
Relationship Marketing merupakan startegi pemasaran yang diarahkan untuk mengembangankan, dan mempertahankan pelanggan dengan membangun konsep hubungan relasional yang dinamis. Yayasan Al-Hidayah Satron merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapakan konsep relationship marketing. Keistimewaan lembaga ini selain sebagai wadah bagi pendidikan formal juga merupakan rumah bagi Tarikat Naqsabandiyah. Hubungan relasional yang baik antara Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Satron dengan jamaah Tarekat Naqsabandiyah mempunyai kesempatan yang luas apabila dimaksimalkan sebagai jaringan pemasaran pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Relationship Marketing Yayasan Al-Hidayah Satron dengan jamaah tarikat Naqsabandiyah sebagai jaringan pemasaran pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif guna mendapatkan data yang lebih mendalam melalui studi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Prinsip Relationship Marekting di Yayasan Al-Hidayah dalam membangun hubungan dengan jamaah tarikat Naqsabandiyah berorientasi jangka panjang yang dilakukan oleh para pendiri Tarikat. 2)Yayasan Al-Hidayah Satron berprinsip pada komitmen menjaga komunikasi dengan jamaah Tarekat Naqsabandiyah sebagai jaringan pemasaran pendidikan formal melalui agenda kegiatan rutinan sebagai wadah komunikasi dua arah. 3)Prinsip mempertahankan pelanggan dalam relationship marketing jamaah tarekat Naqsabandiyah dengan cara memaksimalkan kegiatan rutinan “Bulanan” di setiap DKM yang menjadi basis jamaah tarekat.