Evektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Segiempat Kelas VII

Authors

  • Raditya Bagus Gilang Pradana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • I Ketut Budayasa Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Abadi Abadi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.378

Keywords:

Pembelajaran, Kooperatif, STAD, Segiempat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diawali dengan penelitian pengembangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan proses dan hasil dari perangkat pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi segiempat di kelas VII yang berkualitas baik (2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi segiempat di kelas VII. (3) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segiempat kelas VII.  Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam kategori baik. Hasil penelitian pada kelas eksperimen berdasarkan  analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) efektif untuk digunakan dalam mengajarkan materi segiempat. Sedangkan berdasarkan analisis statistik inferensial dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional untuk materi segiempat di kelas VII.

Published

2022-01-03

How to Cite

Pradana, R. B. G., Budayasa, I. K., & Abadi, A. (2022). Evektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Segiempat Kelas VII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.378