Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3791Abstract
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan Padlet yang digunakan untuk media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengambilan data diperoleh melalui kuesioner menggunakan Google Form dan wawancara. Total populasi data penelitian adalah siswa kelas 12 jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Batu. Siswa mempunyai kualifikasi yang sama dan baru diperkenalkan Padlet dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa menampilkan respon yang positif terhadap penggunaan Padlet pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil temuan menunjukkan bahwa Padlet memberikan dampak yang baik dalam proses belajar mengajar.