Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Calista Hartono Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Kartika Imasari Tjiptodjojo Universitas Kristen Maranatha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3793

Abstract

Munculnya berbagai macam merek pada produk jenis tahapan perawatan kulit wajah menjadikan permintaan pasar meningkat dan memicu persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Tujuan dari pelaksaan studi ini yaitu melihat pengaruh kesadaran merek dan citra merek pada keputusan pembelian produk Somethinc di Kota Bandung. Somethinc menjadi salah satu merek lokal yang memproduksi perawatan kulit dan berhasil memperoleh kemenangan sebanyak 7 kali terus-menerus dari bulan April tahun 2021 pada salah satu platform belanja menjadi TOP 1 produk perawatan kulit dengan merek yang paling laku terjual di pasaran. Metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang dipakai pada studi ini melalui penyebaran kuesioner secara daring untuk mengisi Google Forms. Teknik pengambilan sampel pada studi yang dilakukan yaitu purposive sampling, yang masuk ke dalam komponen dari non-probability sampling. Sampel pada studi ini yaitu masyarakat di Kota Bandung yang mengenal, melakukan pembelian, serta memiliki pengalaman pada pemakaian perawatan kulit atau kosmetik Somethinc. Sampel yang dipakai yaitu berjumlah 140 responden. Teknik analisis data dilakukan melalui penggunaan SPSS V.26. Studi yang dihasilkan, memperlihatkan kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kesadaran merek dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Published

2024-03-02

How to Cite

Hartono, C. ., & Tjiptodjojo, K. I. (2024). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2691-2697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3793