Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Daya Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Sarnida Samaloisa Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Nyoto Harjono Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3809

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di SDN Mangunsari 01. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurang optimalnya kemampuan siswa dalam memahami materi operasi bilangan bulat hal ini dilihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal operasi bilangan bulat yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Mangunsari 01 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus 1, cara siswa memperoleh nilai sebesar 58.1 dengan kategori cukup. Pada siklus 2 nilai siswa meningkat menjadi 62.3 dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 58% ( kurang) dan meningkat pada siklus 2 sebesar 94% ( amat baik). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stan dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung bilangan bulat siswa di SDN Mangunsari 1.

Published

2024-01-08

How to Cite

Samaloisa, S. ., & Harjono, N. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Daya Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 955-959. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3809