Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis (Writing) melalui Metode ASSURE Terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) pada Pelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Nurul Budi Priwarti Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 4 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.381

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk mencapai kompetensi diharapkan, salah satunya tercermin dalam kemampuan siswa melakukan langkah-langkah komunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, tujuan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar materi menulis (writing) dengan menggunakan desain pembelajaran ASSURE terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) pada siswa kelas VIID di SMP Negeri 4 Gresik. Penelitian tindakan ini dilakukan di SMP Negeri 4 Gresik, pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, dan yang menjadi objek penelitian adalah siswa kelas VIID  yang berjumlah 32 siswa, dilakukan dalam 2 siklus PTK. Hasil penelitian adalah diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis (writing) melalui metode ASSURE yang terintegrasi dengan pembelajaran berbasis projek.

Published

2022-01-03

How to Cite

Priwarti, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis (Writing) melalui Metode ASSURE Terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) pada Pelajaran Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 23-27. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.381