Mendidik Karakter Humanis Religius melalui Sekar Alit “Bibi Anu” kepada Generasi Abad 21

Authors

  • Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa STMIK Primakara, Indonesia
  • I Made Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai Tri Hita Karana dan pendidikan karakter yang ada pada pupuh pucung “Bibi Anu”. “Bibi Anu” merupakan sebuah karya sastra klasik yang berasal dari masyarakat Bali. Metode Kualitatif digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data dengan pendekatan Hermeneutik. Hasil penelitian menemukan bahwa ketiga konsep Tri Hita Karana yaitu parhyangan, pawongan, dan palemahan dapat ditemukan dalam tembang ini. Selanjutnya, dari 18 karakter pendidikan yang ada, ditemukan 8 nilai karakter terkandung dalam tembang ini, 8 karakter tersebut d antaranya nilai religius, jujur, disiplin, bekerja keras, mandiri, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dengan ditemukannya nilai moral penting yang dapat berdampak baik bagi siswa tersebut, diharapkan pemanfaatan tembang klasik seperti “Bibi Anu” dapat diimplementasikan lebih maksimal dalam lingkup pendidikan formal untuk para generasi abad 21.

Published

2024-01-08

How to Cite

Astawa, N. L. P. N. S. P. ., Sutajaya, I. M. ., & Suja, I. W. . (2024). Mendidik Karakter Humanis Religius melalui Sekar Alit “Bibi Anu” kepada Generasi Abad 21. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 943-948. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3813