Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar serta Etika Menghubungi Dosen melalui Aplikasi WhatsApp

Authors

  • Chairunnisa Chairunnisa STKIP Kusumanegara Jakarta, Indonesia
  • Nur Hasanah STKIP Kusumanegara Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Ari Masyhuri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Daffa Febriansyah Universitas Veteran Jakarta, Indonesia
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesi

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.382

Keywords:

Bahasa Indonesia, Etika, Komunikasi, WhatsApp

Abstract

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta etika mahasiswa dalam mengubungi dosen semakin bergeser sejak dimanjakan oleh kemudahan komunikasi. Apabila kita menalar sejenak mengenai dunia mahasiswa pada era sebelum adanya android, tentu proses komunikasi antara mahasiswa dengan dosen umumnya dilakukan secara langsung tanpa media. Perubahan-perubahan yang terjadi pada kalangan mahasiswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan dosen disebabkan oleh berbagai hal pada zaman seperti ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginventarisasi dan mendeskripsikan karakteristik pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menghubungi dosen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu menggunakan platform google form untuk melakukan survei data dalam bentuk angka terhadap penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum paham  dan mengerti mengenai pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta etika dalam berkomunikasi kepada dosen yang telah dibuktikan dari hasil kuesioner terlebih adalah mahasiswa baru yang notabennya belum menyesuaikan diri pada dunia perkuliahan. Hal ini tentu perlu kita cegah sebagai bentuk perhatian kita terhadap etika berkomunikasi.

Published

2022-01-03

How to Cite

Chairunnisa, C., Hasanah, N., Masyhuri, A. A., Febriansyah, D., & Sunarsi, D. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar serta Etika Menghubungi Dosen melalui Aplikasi WhatsApp. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 40-44. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.382

Most read articles by the same author(s)