Analisis Kemandirian Belajar Matematika dan Peran Keluarga selama Pembelajaran di Era New Normal

Authors

  • Lisa Triana STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Sarwo Edy Wibowo STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Wiwin Putriawati STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.383

Keywords:

Kemandirian, Peran Keluarga, Era New Normal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemandirian belajar Matematika dan peran keluarga selama pembelajaran di era new normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 12 subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan angket. Hasil pada penelitian ini adalah kemandirian siswa MTS NW Harapan Jaya Orong Telu menunjukkan 34% siswa belum mandiri dalam belajar dan 66% siswa telah mampu belajar mandiri selama new normal. 50% orang tua siswa berperan aktif dalam mengajar kemandirian anak dan 50% berperan secara pasif. Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan kemandirian siswa MTS NW Harapan Jaya Orong Telu dengan peran orang tuanya dalam mengajar mereka.

Published

2022-01-03

How to Cite

Triana, L., Wibowo, S. E., & Putriawati, W. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika dan Peran Keluarga selama Pembelajaran di Era New Normal . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 45-50. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.383