Konsep Pendidikan Humanisme dan Implementasinya terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3832Abstract
Fokus dari tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas dan menjelaskan gambaran keseluruhan tentang Konsep Pendidikan Humanisme dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar sesuai kajian peneliti. Metode penelitian membantu peneliti untuk memperoleh informasi sesuai dengan bahan kajian penelitiannya. Untuk metode penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif penelitian kualitatif. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif berupa data deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka yang bersumber pada kajian-kajian pustaka (library research). Dalam hal ini peneliti mengumpulkan informasi terdokumentasi berupa data perpustakaan, buku, jurnal, catatan, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian yang berkaitan dengan konsep pendidikan humanis dan pendidikan karakter. Maka dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari referensi online dari berbagai sumber database dan menggunakan data tersebut sebagai referensi. Pendidikan karakter dan konsep humanis mempunyai kaitan erat, karena pendidikan karakter humanis menekankan pada pengembangan karakter yang positif dan humanis. Tujuan pendidikan karakter humanis adalah membentuk karakter yang rukun, bahagia, rukun, dan serasi.