Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Authors

  • Akmal Akmal SMA Negeri 3 Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.384

Keywords:

Metode Pembelajaran, Tipe TAI, Aktivitas, Prestasi, Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode kooperatif tipe TAI yang dikenakan pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Dompu Semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 terhadap: 1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, 2) prestasi belajar Bahasa Inggris dan 3) tanggapan siswa terhadap penerapan metode kooperatif tipe TAI. Untuk mencapai tujuan tersebut, diimplementasikan metode kooperatif tipe TAI terhadap siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Dompu Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas 32 orang. Data dikumpulkan menggunakan 1) lembar observasi, 2) tes prestasi belajar dan 3) angket. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 11,16 (cukup aktif) dan pada siklus II mencapai 16,38 (aktif), 2) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,88 dan pada siklus II menjadi 74,69, daya serap meningkat dari siklus I sebesar 67,88% menjadi 74,69% pada siklus II dan persentase ketuntasan  meningkat dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 90,63% pada siklus II dan 3) tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 38,78 tergolong positif.

Published

2022-01-03

How to Cite

Akmal, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 51-61. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.384