Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3846Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk memperkuat pendidikan karakter. Penelitian menggunakan metode kualitaif dengan pendekatan deskriptif. SD Inpres Letkole debagai tempat penelitian dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui berbagai strategi, termasuk kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler. Proses penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui pembiasaan di ruang kelas, dengan fokus pada sikap berdikari, berintegriti, dan saling menghormati. Strategi penguatan pendidikan karakter juga melibatkan keteladanan, pembelajaran di ruang kelas, integrasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran, serta pengawasan perilaku siswa dengan kedisiplinan dan sistem reward dan punishment. Pendekatan berbasis budaya sekolah menjadi landasan utama, menciptakan iklim dan lingkungan pendidikan yang mendukung nilai-nilai Pendidikan Karakter. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan di SD Inpres Letkole berhasil mencapai tujuan analisis penguatan pendidikan karakter dan identifikasi strategi efektif.