Kepercayaan Siswa Mengikuti Konseling Individual Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kinerja Konselor dan Implementasi Azas Kerahasiaan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3855Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja konselor dan implementasi azas kerahasiaan terhadap kepercayaan siswa mengikuti konseling individual. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis expost facto. Populasi penelitian adalah siswa sekolah lanjutan tingkat atas di Indonesia pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian sebanyak 529 siswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia terbagi dalam wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berbentuk skala. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: Persepsi siswa tentang kinerja konselor (X1) berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima; Implementasi azas kerahasiaan (X2) berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima; Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja konselor (X1) dan implementasi azas kerahasiaan (X2) secara bersama sama berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima.