Kepercayaan Siswa Mengikuti Konseling Individual Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kinerja Konselor dan Implementasi Azas Kerahasiaan

Authors

  • Fransisca Mudjijanti Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia
  • Chaterina Yeni Susilaningsih Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh persepsi siswa tentang  kinerja konselor dan implementasi azas kerahasiaan terhadap  kepercayaan siswa mengikuti konseling individual. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis expost facto. Populasi penelitian adalah siswa sekolah lanjutan tingkat atas di Indonesia pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian sebanyak 529 siswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia terbagi dalam wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berbentuk skala. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: Persepsi siswa tentang kinerja konselor (X1) berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima; Implementasi azas kerahasiaan  (X2) berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima; Pengaruh persepsi siswa tentang  kinerja konselor (X1) dan implementasi azas kerahasiaan (X2) secara bersama sama  berpengaruh kuat dan positif terhadap kepercayaan siswa mengikuti layanan konseling individual (Y) diterima.

Published

2024-02-03

How to Cite

Mudjijanti, F. ., & Susilaningsih, C. Y. . (2024). Kepercayaan Siswa Mengikuti Konseling Individual Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kinerja Konselor dan Implementasi Azas Kerahasiaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1219-1227. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3855