Implikasi Pelaksanaan Reses Anggota DPRD terhadap Daerah Pemilihan di Kabupaten Nias Selatan

Authors

  • Nalom Siagian Dosen Prodi Adm. Bisnis Fisipol UHN Medan
  • Deskarnial Zagoto Staf Dinas Sosial Nias Selatan
  • Imelda Bintang Kasih Situmorang Mahasiswa Prodi Adm. Bisnis Fisipol UHN Medan

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.386

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Implikasi Pelaksanaan Reses Anggota DPRD Terhadap Daerah Pemilihan Di Kabupaten Nias Selatan dengan tujuan untuk mendeskriptifkan pelaksanaan reses, mendeskripsikan implikasi pelaksanaan reses terhadap daerah pemilihan, untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya manfaat pelaksanaan Reses  Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan serra mendeskripsikan adanya  implikasi pelaksaan reses terhadap daerah pemilihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan informaan Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias selatan dan masyarakat sebagai konstituen di daerah pemilihan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman. yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan, hasil yang diperoleh diantaranya, Dinamika masa reses DPRD Kabupaten Nias selatan menunjukkan gejala kurang produktif bagi peningkatan kinerja legislatif. Hasil reses belum terdokumentasikan secara utuh dan tidak terstruktur sehingga kurang dapat dijadikan pegangan dalam penyusunan program Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan. Penyerapan aspirasi rakyat melalui reses oleh anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan hanya menjadi mekanisme rutin tanpa makna, Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil dan realisasi reses anggota DPRD tidak terakomodir sehingga masyarakat tidak merasakan realisasi dari reses sebagai wadah aspirasi mereka.

Published

2022-01-03

How to Cite

Siagian, N., Zagoto, D., & Situmorang, I. B. K. (2022). Implikasi Pelaksanaan Reses Anggota DPRD terhadap Daerah Pemilihan di Kabupaten Nias Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 73-87. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.386