Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Kemandirian melalui Projek Senangnya Menanam Toga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3869Abstract
Projek penguatan Profil pelajar Pancasila adalah suatu usaha yang kami harapkan dapat menjadikan kualitas Pendidikan di Indonesia semakin meningkat. Penelitian ini memiliki untuk mendiskripsikan gambaran implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi kemandirian melalui projek senangnya menanam toga pada TK Bugelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data menurut Milles and Huberman yaitu pengumpulan data reduksi data, penyampaian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran implementasi penguatan profil pelajar pancasila ini ada tiga tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi nyata. Faktor pendukung pelaksanaan projek pengutan Profil Pelajar Pancasila diantaranya adalah adanya lokasi yang berada di puncak gunung memudahkan mendapatakan rimpang tanaman toga, banyaknya penduduk yang memelihara hewan ternak, guru memiliki basic pertanian, dukungan orang tua siswa, Adapun faktor penghambat kurangnya lahan dan kurangnya sarana prasarana. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah guru berinisiatif untuk membeli polybag, peserta didik dan guru menyiram tanaman menggunakan ember dan peserta didik membawa perlatan yang dibutuhkan dengan dukungan orang tua. Dalam penelitian ini dapat kami simpulkan bahwa analisis implementasi penguatan pelajar Pancasila pada dimensi kemadirian melalui projek senangnya menanam TOGA di TK Bugelan berjalan baik dan sesuai dengan harapan terlihat dengan berhasilnya projek penanaman tanaman toga ini.