Pengembangan LKPD Berbasis CT pada Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SMK

Authors

  • Vina Melindah Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Irwani Zawawi Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3874

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rancangan yang baik dalam pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis critical thinking pada pembelajaran berdiferensiasi jenjang sekolah menengah kejuruan. Research and Development (R&D) yang digunakan mengikuti model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Siswa sebanyak 36 orang pada kelas X TKI-3 SMK Negeri 1 Cerme Gresik semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon untuk kepraktisan, dan post-test berupa tiga soal untuk mengukur keefektifan. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Secara keseluruhan hasilnya menunjukkan kualitas produk valid dengan rata-rata sangat layak sebesar 93,5%. Angket respon juga menunjukkan bahwa 84,67% terbukti LKPD ini "sangat menarik", yang menunjukkan bahwa kepraktisan memenuhi standar. Sedangkan post-test menunjukkan tingkat ketuntasan belajar sangat baik yaitu sebesar 88,90%. Ketuntasan belajar menunjukkan bahwa LKPD berbasis CT pada pembelajaran diferensiasi jenjang SMK yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria efektif.

Published

2024-01-13

How to Cite

Melindah, V. ., Zawawi, I. ., & Huda, S. . (2024). Pengembangan LKPD Berbasis CT pada Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1049-1057. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3874