Evaluasi untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3875Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil, dan perbaikan evaluasi kinerja untuk peningkatan kompetensi profesional guru di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu wakil kepala kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan evaluasi kinerja untuk peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui rapat kerja oleh pimpinan harian pada tiga bulan terakhir di akhir tahun pelajaran; (2) Pelaksanaan evaluasi kinerja yang digunakan untuk penilaian profesionalisme guru dimulai dari pertemuan awal antara penilai dengan guru yang dinilai; (3) Hasil evaluasi kinerja untuk peningkatan profesionalisme guru rata-rata dalam kategori baik. Selanjutnya dilakukan refleksi antara penilai dengan guru yang dinilai, pelaporan hasil evaluasi kinerja kepada kepala sekolah dan guru. (4) Perbaikan evaluasi kinerja untuk peningkatan profesionalisme guru di SD Aisyiyah unggulan Gemolong di Kabupaten Sragen dilakukan melalui pembinaan, workshop atau pelatihan, dan penghargaan (reward).