Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Akidah Akhlak Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Kelas IV SD

Authors

  • Fuji Pratami STAIN Mandailing Natal
  • Muhammad Ikbal STAIN Mandailing Natal
  • Nabila Ade Rahmi STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.388

Keywords:

LKPD, Akidah Akhlak, Contextual, Teaching, Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengembangkan LKPD pada Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Contextual Teaching and Learning yang valid dan praktis untuk Kelas IV SD IT Al Munawwar Panyabungan pada materi indahnya berperilaku terpuji. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), Model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Data yang terkumpul pada penelitan ini diperoleh melalui instrumen analisis kebutuhan, instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap praktikalitas. Berdasarkan penelitian dan pengembangan diperoleh hasil bahwa LKPD berbasis CTL yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Proses validasi LKPD divalidasi oleh 2 validator. Rata-rata total hasil validasi 93% dengan kategori “Sangat Valid”. Sementara praktikalitas berdasarkan angket yang diberikan diperoleh hasil dengan nilai sebesar 94% dengan kategori “sangat praktis”. LKPD hasil pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas IV SD IT Al Munawwar Panyabungan.

Published

2022-01-03

How to Cite

Pratami, F., Ikbal, M., & Rahmi, N. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Akidah Akhlak Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 112-120. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.388