Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boyolali

Authors

  • Namira Putri Nur Fadhila Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3883

Abstract

Guru penggerak serta kurikulum merdeka belajar merupakan salah satu terobosan baru yang digaungkan untuk memajukan sector Pendidikan dengan menerapkan teknologi 5.0 berdasarkan arahan Menteri Pendidikan Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan data mengenai peran guru penggerak dalam kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini berjenis kajian kepustkaan masuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian kajian kepustakan artinya penulis mengkaji artikel- artiel yang telah terpublish yang menyampaikan hasil penelitian mengenai guru penggerak dan kurikulum merdeka belajar. Pembahasan yang disajikan meliputi pengertian guru penngerak, peran guru penggerak, pengertian merdeka belajar dan penerpan kurikuum merdeka belajar. Hasil kajian literature diharapkan mampu dijadikan kajian atau pun informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar teoritis penelitian selanjutnya dalam pembahasan mengenai guru penggerak dalam kurikulum merdeka belajar sehingga menghasilkan keberhasilan belajar yang optimal yang menerapkan pembelajaran berbasis teknologi 5.0.

Published

2024-04-02

How to Cite

Fadhila, N. P. N., & Narimo, S. . (2024). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3821-3828. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3883