Pengenalan Tembang Dolanan Jawa Sebagai Bentuk Peneguhan Bahasa Jawa pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3889Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berbahasa jawa anak melalui metode Tembang Dolanan di TK Dharma Wanita Made. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak didik di TK Dharma Wanita Made sejumlah 15 siswa pada tahun ajaran 2023/2024, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan berbahasa jawa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pembiasaan yang baik dalam penggunaan berbahasa jawa pada anak didik dengan penggunaan metode tembang dolanan di TK Dharma Wanita Made, terlihat ketika anak berkomunikasi dengan guru atau orang yang lebih tua, anak mampu menjawab dengan Bahasa krama inggil yang baik dan benar, begitu pula ketika anak berkomunikasi dengan teman sebayanya anak mampu menggunakan Bahasa ngoko dengan baik dan benar. Kesimpulan : Pembiasaan penggunaan Bahasa jawa krama pada anak juga dapat memberikan penanaman nilai-nilai kehidupan, karakter pemimpin, sopan santun, disiplin dan jujur dapat dilakukan melalui berbagai metode dengan tembang dolanan.