Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Persepsi Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak SD di Masa Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Nathania Immanuela Ony Program Studi Sarjana Fakultas Psikologi, Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya Jakarta Jl. Jenderal Sudirman No 51, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Penny Handayani Program Studi Sarjana Fakultas Psikologi, Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya Jakarta Jl. Jenderal Sudirman No 51, Jakarta Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.390

Abstract

Pendidikan adalah salah satu hal yang penting bagi perkembangan anak sekolah dasar (SD). Pada umumnya, proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara tatap muka di dalam kelas (pembelajaran langsung). COVID-19 muncul dengan cara penyebaran yang mudah dan membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Belajar Dari Rumah. Hal ini menguatkan kembali peran orangtua sebagai pendidik utama anak, yang diterapkan dengan pola pengasuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara pola asuh orangtua dengan persepsi pencapaian perkembangan kognitif anak SD pada masa Pembelajaran Jarak Jauh. Sebanyak 220 partisipan telah mengisi kuesioner melalui google forms dan dianalisis dengan metode Spearman Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang signifikan antara kedua variabel (r(218) = 0.343, p<.01), yang menandakan adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan persepsi pencapaian perkembangan kognitif anak SD pada masa Pembelajaran Jarak Jauh.

Published

2022-01-03

How to Cite

Ony, N. I., & Handayani, P. (2022). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Persepsi Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak SD di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 121-129. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.390