Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kombinasi PBL dan TGT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3903Abstract
Artikel ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kombinasi pbl dan tgt terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen dengan penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru. Penelitian melibatkan 63 peserta didik kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang dianalisis dengan menggunakan uji sample paired t-test, Independent sample t-test dan N-Gain score. Berdasarkan perhitungan kedua kelas diperoleh sig sebesar 0,000 yang artinya Ha di terima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kombinasi PBL dan TGT lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PBL, Dengan perolehan N-Gain score dimana kelas eksperimen memperoleh skor 56.3119 atau 56.3% dengan kategori sedang atau cukup efektif, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor sebesar 27.8313 atau 27.8% dengan kategori rendah atau tidak efektif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran PBL dana TGT cukup efektif meningkatkan hasil belajar Ekonomi materi Inflasi peserta didik kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru.