Pengaruh Partisipasi Mahasiswa pada Program Kampus Merdeka terhadap Kompetensi Pendidikan Self-System Level dalam Taksonomi Marzano
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3907Abstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh partisipasi mahasiswa dalam Program Kampus Merdeka terhadap pengembangan kompetensi pendidikan Self-System Level dalam Taksonomi Marzano. Menggunakan pendekatan mix-method, penelitian ini menggabungkan analisis data angket dengan skala Likert dan wawancara terbatas bersama mentor internship MSIB Zenius, Dosen Modul Nusantara PMM, dan mentor praktisi Wirausaha Merdeka UB. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara partisipasi mahasiswa dan pengembangan kompetensi Self-System Level yakni sebesar 89%. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa yang aktif terlibat dalam Program Kampus Merdeka cenderung memiliki motivasi intrinsik yang lebih tinggi, kemandirian dalam belajar, dan kemampuan manajemen diri yang lebih baik. Analisis kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan program mengungkapkan peran krusial mentor dan dosen dalam membimbing mahasiswa. Mentorship memberikan panduan yang diperlukan untuk pengembangan keterampilan praktis mahasiswa, memperkuat manfaat program. Kesimpulannya, Program Kampus Merdeka efektif dalam membentuk mahasiswa yang mandiri dan siap menghadapi tuntutan dunia kerja. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan tinggi dalam meningkatkan program serupa dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masa depan.