Efektivitas Penggunaan Video Kinemaster terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI di SMAN 1 Benai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3914Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan video kinemaster terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMAN 1 Benai. Jenis penelitian adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 siswa. Siswa kelas XI MIPA2 diajar dengan video Kinemaster dan siswa kelas XI MIPA3 diajar dengan model konvensional tanpa menggunakan video Kinemaster. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, uji normalitas kolmogrov dan uji homogenitas. Hasil pengujian kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penelitian memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi video Kinemaster adalah 83,03 dan rata-rata hasil belajar siswa diberi model pembelajaran konvensional adalah 67,94. Untuk uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan video kinemaster dalam pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.