Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX di SMPN 1 Benai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3916Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa kelas IX di SMPN 1 Benai. Jenis penelitian adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 siswa. Siswa kelas IX C diajar dengan media gambar dan siswa kelas IX B diajar dengan model konvensional tanpa menggunakan media gambar. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pengujian kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi media gambar adalah 82,43 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media gambar adalah 73,96. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,00 < 0,05, artinya H0 ditolak, dan H1 diterima. Hasil penghitungan uji regresi, pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa sebesar 30%. Hasil ini bermakna adanya pengaruh dan perbedaan dari implementasi media gambar terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa secara positif.