Efektivitas Penggunaan Media Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Tiara Fitria Latul Universitas Riau, Indonesia
  • Suarman Suarman Universitas Riau, Indonesia
  • R. M. Riadi Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3920

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media komik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu dengan siswa kelas IX 5 sebanyak 28 siswa sebagai sampel yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan intrumen soal tes dan dianalisis dengan uji T dan uji N-Gain. Hasil yang didapatkan tingkat sognifikannya adalah 0,000 < ? 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas IX 5 di SMP Negeri 1 Ujung Batu. Hail uji N-Gain didapatkan nilai mean sebesar 0,4323 yang mana jika dilihat dari interpretasi nilai N-Gain berada pada kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan dari media pembelajaran komik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-02-03

How to Cite

Latul, T. F. ., Suarman, S., & Riadi, R. M. . (2024). Efektivitas Penggunaan Media Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1751-1755. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3920