Pengaruh Service Quality, Price, dan Perceived Ease of Use terhadap Customer Satisfaction Pengguna Transportasi Online Maxim

Authors

  • Fauzi Bagas Saputra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
  • Maria Assumpta Wikantari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3922

Abstract

Maxim telah menjadi transportasi online yang populer di Indonesia. Industri ini memberikan keefektifan dan keefisienan melalui layanannya yang dapat diakses dengan mudah. Dalam mengatasi permasalahan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan mobilitas, maka diperlukan transportasi online yang sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan membuktikan pengaruh service quality, price, dan perceived ease of use terhadap customer satisfaction pengguna transportasi online Maxim secara parsial. Sampel penelitian ini adalah pengguna transportasi online Maxim berdomisili Jakarta Timur sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk menganalisis data dan dihasilkan bahwa (1) service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction sebesar 0,462, (2) price berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction sebesar 0,264, dan (3) perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction sebesar 0,246. Adapun nilai R-Square yang diperoleh pada variabel service quality, price, dan perceived ease of use memberikan kontribusi terhadap customer satisfaction sebesar 67,9% dan sisanya sebesar 32,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan pada penelitian ini.

Published

2024-02-08

How to Cite

Saputra, F. B. ., & Wikantari, M. A. . (2024). Pengaruh Service Quality, Price, dan Perceived Ease of Use terhadap Customer Satisfaction Pengguna Transportasi Online Maxim. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1563-1570. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3922